Error Pada Java - Exception Handling

Java, yang sekarang ini kita kenal sebagai salah satu bahasa pemprograman yang berkembang dengan pesat, mempunyai banyak kelebihan yang harus dimamfaatkan oleh seorang programer. Salah satu kelebihan java adalah mempunyai kemampuan untuk menangani masalah pada saat proses.
Masalah yang dimaksud disini adalah yang sering kita kenal dengan ERROR atau Exception. Sedangkan penanganan yang akan diberikan oleh Java dinamakan dengan Exception Handling.

 Sebenarnya dalam pemprograman, dikenal tiga buah Error, yaitu Syntak Error (error yang terjadi saat kompilasi), Run Time Error (error yang muncul saat program diexsekusi) dan Logic Error (Error yang muncul ketika output yang muncul tidak sesuai dengan yang diharapkan).


Sebenarnya, tujuan adanya Exception adalah sebagai sarana untuk melaporkan jenis kondisi kesalahan saat program dijalankan, dan mengendalikanya agar run time error tersebut tidak mengakibatkan exsekusi dihentikan (statement setelahnya tetap diexsekusi).

Dalam Java, exception merupakan obyek dari subkelas yang diturunkan dari kelas Throwable. Kelas Throwable ini terdapat dalam package java.lang.obyek.

 Jenis Error yang dapat dimasukan kedalam kelompok error Exception merupakan jenis error yang masih dapat dimanipulasi dengan menyisipkan statement penyebab dan jenisnya. Ada kelompok Runtime Exception yang diperiksa oleh interpreter, apakah akan ditangani atau dilempar, namun ada pula Exception yang tidak ditangani oleh interpreter.

 Disamping itu programer diperbolehkan juga membuat exception sendiri dengan cara extends atau implements dari kelas Exception.

Ok sekian dulu ya postingnya, masalah penanganan Exception yang lebih mendalam akan dijelaskan pada posting selanjutnya.

Artikel Lainnya