Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan
disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan
syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan
copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan
melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari
IlmuKomputer.Com.
DASAR ANIMASI
Animasi pada dasarnya adalah
membuat objek seolah-olah bergerak sehingga terjadi pergerakan yang
membuat mata kita memandangnya sebagai sebuah kesatuan utuh. Padahal
dibalik itu, animasi dibuat berdasarkan pada bagian-bagian tertentu
(terpisah) dan baru kemudian akan disatukan untuk mendapatkan pergerakan
yang sempurna. Untuk membuat animasi, terlebih dahulu kita harus
membuat satu per satu bagian- bagian tertentu tadi. Hal ini merupakan
hal yang sangat berat dalam membuat animasi mengingat kita harus
memikirkan bagaimana desain atau bagian dari animasi yang kita buat
tersebut supaya benar-benar mendapatkan hasil yang
sempurna jika disatukan.
DASAR ANIMASI DENGAN JAVA
Java
merupakan bahasa pemrograman yang sangat ampuh sekali. Ini bisa
dibuktikan dengan kemampuannya yang tidak bergantung pada platform.
Artinya Java dapat dijalankan pada sembarang komputer dan bahkan pada
sembarang sistem operasi (sering disebut dengan istilah portabilitas).
Yang menarik, tingkat portabilitas Java tidak hanya sebatas pada program
sumber (source code), melainkan juga pada tingkat kode biner yang
disebut bytecode. Ini berarti, bila
Anda telah mengkompilasi program
Java pada komputer bersistem operasi Windows, maka Anda dapat
menjalankan hasil kompilasi pada komputer bersistem operasi Linux tanpa
perlu mengkompilasi ulang lagi.
Untuk membuat animasi di Java,
kita juga harus membuat bagian-bagian yang kemudian akan kita satukan
untuk mendapatkan pergerakan (animasi). Ok’s, langsung saja Penulis akan
memberikan salah satu contoh animasi sederhana yang akan memunculkan
tanda bintang secara bergantian dan akan berjalan dari kiri ke kanan.
Kode program :
//*********************************
//Nama File : animasiSederhana.java
//*********************************
//Animasi di Java
//Untuk menampilkan animasi bintang
//*********************************
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class animasiSederhana extends Frame implements Runnable {
Thread animation;
// Mengatur waktu delay
int frameDelay = 100;
// Objek yang akan ditampilkan
String frames[] = {"*","**","***","****","*****","****","***","**","*"};
// Menentukan variabel yang diperlukan
int numFrames = frames.length;
int currentFrame = 0;
long lastDisplay = 0;
int screenWidth = 200; //lebar layar
int screenHeight = 200; //tinggi layar
public static void main(String args[]) {
animasiSederhana app = new animasiSederhana();
}
public animasiSederhana() {
super("Animasi Sederhana");
setup();
setSize(screenWidth,screenHeight);
addWindowListener(new WindowEventHandler());
show();
animation = new Thread(this);
animation.start();
}
void setup() {
setupMenuBar();
setFont(new Font("default",Font.BOLD,18)); //mengatur font
}
void setupMenuBar() {
MenuBar menuBar = new MenuBar();
Menu fileMenu = new Menu("File");
MenuItem fileExit = new MenuItem("Tutup");
fileExit.addActionListener(new MenuItemHandler());
fileMenu.add(fileExit);
menuBar.add(fileMenu);
setMenuBar(menuBar);
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString(frames[currentFrame],60,60); //membuat frame
}
public void run() {
2
Tips & Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2005 IlmuKomputer.Com
// membuat animasi (perulangan)
do {
long time = System.currentTimeMillis();
if(time - lastDisplay > frameDelay) {
repaint();
try {
Thread.sleep(frameDelay); //berhenti selama frameDelay=100
}catch(InterruptedException ex){
}
++currentFrame;
currentFrame %= numFrames;
lastDisplay = time;
}
} while (true);
}
class MenuItemHandler implements ActionListener, ItemListener {
public void actionPerformed(ActionEvent ev){
String s=ev.getActionCommand();
if(s=="Exit"){
System.exit(0);
}
}
public void itemStateChanged(ItemEvent e){
}
}
//Kelas yang digunakan agar tombol close pada frame bisa berfungsi
class WindowEventHandler extends WindowAdapter {
public void windowClosing(WindowEvent e){
System.exit(0);
}
}
}
Output program :
ANIMASI DENGAN GRAFIK
Untuk
membuat animasi dengan grafik, maka terlebih dahulu kita harus
menyiapkan gambar-gambar atau yang sejenisnya agar kita dapat
menyatukannya
dengan mudah. Untuk contoh kali ini, penulis
menggunakan empat buah gambar yang akan disatukan untuk mendapatkan
animasi gambar manusia yang bergerak.
Gambar 1 :
stickman1.gif
Gambar 2 :
stickman2.gif
Gambar 3 :
stickman3.gif
Gambar 4 :
stickman4.gif
4
Tips & Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2005 IlmuKomputer.Com
Kode Program :
//*********************************
//Nama File : animasiGrafik.java
//*********************************
//Animasi di Java
//Untuk menampilkan animasi manusia
//File gambar stickman1.gif, dst
//disimpan satu direktori dengan
//animasiGrafik.java
//*********************************
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class animasiGrafik extends Frame implements Runnable {
Thread animation;
int frameDelay = 100;
Image frames[];
int numFrames;
int currentFrame = 0;
long lastDisplay = 0;
int screenWidth = 400;
int screenHeight = 400;
public static void main(String args[]) {
animasiGrafik app = new animasiGrafik ();
}
public animasiGrafik () {
super("Animasi Grafik");
setup();
setSize(screenWidth,screenHeight);
addWindowListener(new WindowEventHandler());
show();
animation = new Thread(this);
animation.start();
}
void setup() {
setupMenuBar();
setFont(new Font("default",Font.BOLD,18));
Toolkit toolkit = getToolkit();
frames = new Image[4];
// objek yang akan ditampilkan
frames[0] = toolkit.getImage("stickman1.gif");
frames[1] = toolkit.getImage("stickman2.gif");
frames[2] = toolkit.getImage("stickman3.gif");
frames[3] = toolkit.getImage("stickman4.gif");
numFrames = frames.length;
}
void setupMenuBar() {
MenuBar menuBar = new MenuBar();
Menu fileMenu = new Menu("File");
MenuItem fileExit = new MenuItem("Exit");
fileExit.addActionListener(new MenuItemHandler());
fileMenu.add(fileExit);
menuBar.add(fileMenu);
setMenuBar(menuBar);
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawImage(frames[currentFrame],125,80,this);
}
5
Tips & Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2005 IlmuKomputer.Com
public void run() {
// Perulangan animasi
do {
long time = System.currentTimeMillis();
if(time - lastDisplay > frameDelay) {
repaint();
try {
Thread.sleep(frameDelay);
}catch(InterruptedException ex){
}
++currentFrame;
currentFrame %= numFrames;
lastDisplay = time;
}
} while (true);
}
class MenuItemHandler implements ActionListener, ItemListener {
public void actionPerformed(ActionEvent ev){
String s=ev.getActionCommand();
if(s=="Exit"){
System.exit(0);
}
}
public void itemStateChanged(ItemEvent e){
}
}
//Kelas yang digunakan agar tombol close pada frame bisa berfungsi
class WindowEventHandler extends WindowAdapter {
public void windowClosing(WindowEvent e){
System.exit(0);
}
}
}
Tutorial JavaSE, JavaME, JavaEE, Android, Netbeans, Eclipse, Mysql Bahasa Indonesia
Artikel Lainnya
- Tutorial Java
- Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Java
- Fungsi Dan Kegunaan Java Virtual Machime (JVM)
- Mengenal MouseListener, MouseMotionListener, KeyListener Java
- Java: Creating Method
- Cara Mudah Settings Classpath Java Di D Windows
- Cara Mengatasi Aplikasi Java Error Saat Pindah Komputer
- Mendapatkan Data Cell JTable
- Contoh Penggunaan Mouse Event Pada Java
- Cara Menggunakan JSCrollPane Java Netbeans
- Manipulasi String: UpperCase & LowerCase
- Mengenal Lebih Jauh Method Pada Java
- Membuat Form Input Data Dengan Java Netbeans
- Menampilkan Data ke JTable
- Cara Membuat Nomor Transaksi Secara Otomatis di Java
- Cara memanggil JFrame dan JDialog serta perbedaan antara keduanya
- Membuat Object bergerak pada waktu Run Time di Java
- SourceCode Sistem Informasi Inventory Menggunakan Java
- Tutorial Lengkap Cara Menginstal Java Netbeans Di Linux
- Cara Membuat Method/Fungsi Overloading Pada Java
- PaintComponent Membuat Form Berwarna Gradient
- Cara Mendapatkan IP Address Menggunakan InetAddress di Java
- Membuat Game Tebak Angka Dengan Java Netbeans
- Penggunaan Timer Pada Java Netbeans
- Membuat, Membaca dan Menulis File Menggunakan Java Netbeans
- Mendapatkan Jumlah Record dalam sebuah Table
- Cara Menggunakan JComboBox dan JList Di Java Netbeans
- fungsi math.sqrt untuk mendapatkan nilai akar
- Tips dan Trik Membuat Aplikasi Sistem Informasi Dengan Cepat
- Cara Membuat Fungsi dan Prosedur Pada Java
- Tutorial IReport - Cara Membuat Design Laporan
- Membuat Aplikasi Pulsa Handphone Menggunakan Java Netbeans
- Menggunakan Type Data BLOB di JavaEE
- Cara Mudah Membuat Form Pencarian Di Java
- Cara Mengetahui Panjang Karakter Menggunakan Fungsi Length
- Cara Penggunaan Component Tabbed Di Java
- Membuat Enkripsi Untuk Pengamanan Data Di Java Netbeans
- Membuat Form Yang Transparan di Java Netbeans
- Membuat SplashScreen Yang Disertai Loading ProgressBar
- Tutorial App Inventor Untuk Membuat Aplikasi Android
- Tutorial Pemprograman Java
- Cara Cepat Membuat Aplikasi Form Login Java Netbeans
- Tools Untuk Membuat Aplikasi Android Secara Cepat
- Cara Membuat Rumus Matematika Pada Java
- Membatasi Jumlah Input Karakter Pada JTextField
- SourceCode Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Java
- Tutorial Membuat Halaman Wizard Menggunakan JSF dan CDI
- Java, Mengetahui Ukuran Suatu File
- Multi Line Text Pada JLabel
- Step by Step Membuat Aplikasi Android Untuk HP