import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.Timer;
dan selanjutnya kita buat final voidnya, tuilis kode berikut ini:
public final void countdown(){
ActionListener taskPerformer = new ActionListener() {
public void actionPerformed(ActionEvent evt)
if(detik==0){menit=menit-1;}
// untuk finishing counter //
if(detik==0 && menit==-1){
detik=-1;
jLabel2.setText("Stop ! ! ! ");
}
if(detik==0 && menit>=0){
detik=60;
}
if(detik<=60 && detik>=0) {
detik=detik-1;
}
String nolm = "",nold = "";
if (detik<=9){nold="0";}
if (menit<=9){nolm="0";}
if(detik>=0 && menit>=0){jLabel1.setText(nolm+menit+":"+nold+detik);}
if(detik>=0 && menit<0){jLabel1.setText("00:"+nold+detik);}
}
};
new Timer(1000, taskPerformer).start();
}
Nah, sekarang kita masuk dalam event atau action pada button "count", masukkan kode berikut pada actionnya:
jLabel2.setText("Persiapan !!!");
if (detik<=9){nold="0";}
if (menit<=9){nolm="0";}
detik=30;menit=0;
jLabel1.setText(nolm+menit+":"+detik);
countdown();
Nah, coba sobat running program ini apa yang akan terjadi... Dari sini mari kita improve kode diatas sesuai dengan keinginan sobat. Keep improve..